Ticker

6/recent/ticker-posts

Spesifikasi Minimum untuk Bermain Ragnarok Mobile

Assalamualaikum, Ragnarok Mobile merupakan salah satu game Android yang diadaptasi dari game PC dengan judul yang sama. Ragnarok sendiri merupakan game PC bergenre MMORPG yang pertama kali dirilis pada tahun 2002. Game ragnarok mulai diadaptasi ke platform android pada awal tahun 2017 dengan judul Ragnarok Eternal Love.

 Server dari Ragnarok Mobile / Eternal Love sendiri berada di Southeast Asia jadi kalian ga perlu masalahin ping kalian di game selama provider kalian terbaik di daerah kalian. Nah, yang perlu kalian gelisahkan yakni spek dari smartphone kalian sendiri guys.

Untuk itu, sakubolong.com kali ini akan membahas secara lengkap. Kalau kalian jelas, kami juga sediakan kolom komentar bagi kalian untuk bertanya user experience ataupun hal lain.

Spesifikasi Minimum untuk Bermain Ragnarok Mobile
Homepage Official Website Ragnarok Eternal Love

1. Processor / Chipset

Pada prosessor sakubolong akan menyarankan seminimal mungkin kalian menggunakan Chipset Snapdragon 410 atau prosesor lain yang setara. Karena menurut kami, Snapdragon 410 masih cukup kuat untuk merender grafik dari Ragnarok Mobile pada settingan low. Pastikan juga, kecepatan dari prosesor kalian, seminimal mungkin 1.2 Ghz dengan Cortex-A53.

Jadi, jangan paksakan prosesor kalian sampai melebihi batas, karena akan berbahaya bagi smartphone kalian.


2. RAM

Pada bagian RAM, sakubolong mematok 2GB RAM seminimal mungkin. Dengan catatan, smartphone kalian bersih dari cache dan jangan biarkan background apps berjalan. Dengan begitu, RAM dari smartphone kalian pun berasa lega dan hanya fokus pada konsumsi RAM ragnarok mobile itu sendiri.

Saya sarankan, untuk menggunakan Smartphone dengan 3 GB RAM supaya lebih nyaman dan aman saja. Karena sejatinya, game dengan genre RPG / Open World seperti ini sangat mengandalkan RAM dan juga GPU.


3. OS / Versi Android

Nah, pada bagian versi OS smartphone kalian harus sudah update seminimal mungkin Android 5.0 atau Lollipop. Sebagian besar dari kalian tak perlu risau dengan bagian yang satu ini bukan?, karena smartphone-smartphone keluaran >2016 sudah menggunakan marshmallow ke-atas.


4. GPU

GPU pada smartphone sendiri tertanam / onboard pada Processornya. Tapi, tetap saya tambahkan pada bagian spesifikasi supaya lebih jelas saja.

Untuk bagian GPU, sakubolong mematok Adreno 306 sebagai acuannya.


5. Storage

Ragnarok Mobile tidak sedikit juga menyita ruang penyimpanan kita, jadi kita harus sediakan setidaknya 5GB ruang kosong yang dapat di-isi.

Total / Full Size dari ragnarok mobile sendiri mencapai lebih dari 3GB belum ditambah update updateannya, sedangkan untuk download size dari ragnarok mobile mencapai 1,3 GB di playstore.

Jadi, kalian perlu bersih-bersih storage kalian dari file sampah yang hanya menyesakkan storage kalian ya guys. Termasuk video video dewasa yang ada hehe.



Smartphone Minimal untuk memainkan Ragnarok Mobile

 Nah, di segmen ini sakubolong akan memberi rekomendasi smartphone harga kelas bawah yang paling cocok dengan spek minimal di atas guys.

Redmi 5A


Ukuran Layar : 5 inci, 1.280 x 1.080 piksel, IPS LCD
Prosesor : Qualcomm Snapdragon 425, quad-core Cortex-A53 1,4 GHz, GPU Adreno 308
RAM : 2 GB
Media Internal : 16 GB


Moto C Plus


Spesifikasi Minimum untuk Bermain Ragnarok Mobile




OS : Android™ 7.0, Nougat
Prosesor : MediaTek MT6737 64-bit quad-core 1.3GHz.
(RAM) :  2 GB.
(ROM) :  Internal 16 GB, mendukung Kartu microSD hingga 32 GB.


Meizu M6

Spesifikasi Minimum untuk Bermain Ragnarok Mobile

Processor : MediaTek 6750
RAM : 3GB RAM
OS : Android 7.0 Nougat
ROM : 16 / 32 GB


Nah itu dia guys, gimana smartphone kalian sudah sesuai atau bahkan lebih dari spesifikasi minimum di atas?. Spek minimum di atas menurut sakubolong ya guys, ga ada maksud lain dari pembuatan artikel ini. Maksud kami hanya ingin membantu kalian dalam memilih smartphone yang cocok dan pas untuk memainkan game Ragnarok Mobile.

Semoga membantu ya, jangan lupa tinggalkan jejak lewat kolom komentar.

Wassalamualaikum,
Terimakasih :) 

Post a Comment

0 Comments