Ticker

6/recent/ticker-posts

Bahaya Service Komputer di Tukang Service Abal-abal

Assalamualaikum, pada kali ini saya akan membahas perkara bahayanya service komputer di tempat asal-asalan.Di era serba digital seperti sekarang, komputer merupakan salah satu bagian penting untuk menunjang aktivitas.Baik produktivitas maupun hiburan dapat dilakukan di depan komputer.Namun, yang kita sering lupakan yakni kesehatan komputer kita.Dan, sialnya lagi jika kalian awam di bidang hardware atau lebih tepatnya di bidang komputer.Tentunya jalan yang anda pilih yakni servis di tempat service komputer.Entah itu, tempat yang dekat dari rumah anda , langganan anda , atau bahkan tetangga anda sendiri.

Tukang servis juga manusia bukan? , tentunya ada kelalaian dan nafsu pula.Niat hati supaya komputer kesayangan kita kembali hidup seperti semula eh tau taunya malah tambah parah.Kenapa bisa begitu? ya terkadang ada oknum orang awam yang berkedok mahir dalam servis menservis komputer.Jadi, pastikan tempat servis yang anda pilih benar benar aman dan mahir dalam bidangnya.

Baca juga : Komputer nyala tapi Monitor item alias blank ? Inilah Solusinya
Bahaya Service Komputer di Tukang Service Abal-abal

Saya menemukan kasus tentang tukang servis yang abal - abal di salah satu grup facebook , tepatnya GAME PC Indonesia.Sebenarnya saya merasa prihatin hehe , tapi ya itulah resikonya kalau komputer kita titipkan di tempat servis.

Ini screenshot curhatan korban :

Dari screenshot tersebut, jelas si korban heran / bingung mengapa prosesor PC yang ia punya beda dari sebelumnya.Mana mungkin dimakan tikus?
Dari situ kita menyimpulkan bahwa masih terdapat tukang servis 'nakal' yang merugikan konsumen awam.

Banyak kekurangan jika kita menitipkan Komputer kita di tempat servis yang tidak diketahui kepastiannya.
Di antara lain :

  1. Kita tidak tahu pasti tentang kemahiran teknisi yang akan menservis komputer kita.Bisa jadi ia juga orang awam.(?)
  2. Kita tidak tahu pasti keadaan komputer kita disana.
  3. Masih terdapat oknum tukang servis nakal.
  4. Biaya yang terkadang ga masuk akal..
Di antara 5 poin di atas, mana yang paling kalian setujui?

Lalu , bagaimana caranya menentukan tempat servis yang benar dan terpercaya?

Memilih Tempat Service yang Terpercaya

Berikut akan saya berikan tips menentukan tempat servis yang non abal-abal.

Tanya Teman yang Berpengalaman

Ini opsi yang paling mudah kalian lakukan.Tanyakan pada teman yang pernah juga menservis komputernya di tempat servis.Tanyakan keadaan PCnya setelah ia menservis PCnya disitu.Apakah ada masalah? atau Lancar Jaya?

Ke Service Center Langsung

Daripada ke tempat servis yang kalian belum ketahui, lebih baik kalian langsung saja ke service center resmi dari laptop kalian.Karena sudah jelas kepastiannya ,dan teknisinya pun pasti sudah mengantongi ijin resmi.
Namun, biayanya terkadang lebih mahal dari tempat servis biasa.Tetapi , saya jamin hasilnya sangat memuaskan setimpal dengan harganya hehe.

Tanya Mbah Google

Kalian juga bisa memanfaatkan google untuk menentukan tempat service yang terpercaya.Biasanya, terdapat review / ulasan dari orang orang mengenai tempat yang anda cari.

Tanya ke Forum

Ini juga bisa dijadikan opsi kalian, karena jika kalian menanyakan di forum sudah pasti yang menjawab juga user / real orang.

Forum yang terpercaya bagi saya yakni seperti Kaskus dan Grup Facebook juga ada IPCBF dan Jagat Konsultasi


Ya, mungkin itu saja tips yang dapat saya berikan.Tetap waspada dalam segala sesuatu termasuk menentukan tempat servis yang berkualitas.




Tetap, tips yang paling aman dari saya yaitu Service di service centernya secara langsung.Apa kalian punya tips dalam menentukan tempat servis? atau hanya ingin sekedar berbagi pengalaman?.Tulis di kolom komentar ya :).

Terimakasih , wassalamualaikum.

Post a Comment

1 Comments