Ticker

6/recent/ticker-posts

Touchpad laptop tidak berfungsi? Coba Lakukan 3 Hal Sederhana Ini

Touchpad laptop tidak berfungsi? Coba Lakukan 3 Hal Sederhana Ini
Touchpad laptop tidak berfungsi? Coba Lakukan 3 Hal Sederhana Ini -Assalamualaikum, touchpad merupakan salah satu bagian dari laptop yang sangat rentan.Banyak sekali kasus yang terjadi pada touchpad ini, seperti touchpad ngadat, touchpad kebalik (reverse) , dan masih banyak lagi kasus kasusnya.

Mengenai penyebabnya, banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan touchpad ini jadi not responding.Dan pada kebanyakan kasus, hal ini disebabkan faktor penggunanya.Antara lain :

  • Tangan Berkeringat menyebabkan touchpad ikutan basah
  • Kuku yg tajam menyebabkan touchpad tergores

Nah, untuk itu sebelum menyentuh touchpad alangkah baiknya untuk memastikan bahwa tangan kita benar benar sudah aman.

Untuk mengatasinya dapat kita lakukan restart pada komputer kita untuk memastikan kerusakan pada touchpad tidak benar benar serius.Restart juga terbukti mengatasi masalah ini dalam beberapa kasus.Maka dari itu sebelum melangkah ke tahap yang lebih jauh pastikan anda telah merestart laptop anda.

Kenapa hanya dengan restart fungsi touchpad bisa kembali normal?.Seperti yang saya sampaikan di atas, touchpad merupakan salah satu hardware yang sangat sensitif / rentan terhadap penyakit .Dengan merestart otomatis komputer booting dan merangkai sistem dari awal.

Jika Me-restart komputer tidak berhasil masih terdapat beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk mengembalikan fungsi touchpad yang ngadat

Mouse / Touchpad settings

Seringkali settingan awal kita ganti ganti.Untuk itu pastikan terlebih dahulu fungsi touchpad telah di-aktifkan pada pengaturan Control Panel.

Untuk windwows 10 , kalian bisa masuk ke Settings - > Devices -> Pilih Touchpad. Setelah itu, pastikan touchpad kalian dalam posisi ON

Touchpad laptop tidak berfungsi? Coba Lakukan 3 Hal Sederhana Ini


Update Driver

Touchpad ngadat dapat pula disebabkan oleh driver. Entah mengapa dulu bisa eh sekarang ga bisa.Mungkin saja terdapat maintenance pada windows anda yang demikian juga ikut berpengaruh ke driver anda.

Untuk mendownload driver, pastikan sesuai dengan platform laptop kalian
  • Masuk ke website resmi manufacturer laptop kalian
  • Pilih Touchpad driver
  • Download dan Install

Nah, jika kalian sudah menerapkan ketiga langkah di atas namun hasilnya nihil.Kemungkinan besar, touchpad kalian yang bermasalah dan minta pensiun.Kalian bisa mendatangi store resmi laptop anda / service center untuk meminta memasang kembali touchpad yang baru.

Mungkin ke tiga langkah di atas terlihat sepele, namun pengaruhnya cukup besar. Selalu pastikan kesehatan hardware hardware komputer anda supaya tidak menyesal di kemudian hari karena biaya service yang makin mahal.

Sekian terimakasih :) , 
Wassalamualaikum

Post a Comment

0 Comments